Langsung ke konten utama

Profil Instansi Kelurahan Sungaibangkong, Kecamatan Pontianak Kota









1
 


KELURAHAN SUNGAI BANGKONG
 





A. LATAR BELAKANG

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2005 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, mengamanatkan pemberian otonomi luas kepada daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan  pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat. Dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, Kepala Daerah dibantu oleh perangkat daerah. Perangkat Daerah Kabupaten/Kota terdiri atas sekretariat daerah, sekretariat DPRD, dinas daerah, lembaga teknis daerah, kecamatan dan kelurahan. Selain daripada itu, untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dan melaksanakan fungsi-fungsi pemerintahan di perkotaan, perlu dibentuk kelurahan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.
Pembangunan masyarakat kelurahan sebagai suatu usaha peningkatan taraf kehidupan masyarakat di segala bidang pada hakekatnya adalah merupakan bentuk kegiatan masyarakat yang berlangsung di kelurahan dan dilaksanakan secara terpadu dengan mengembangkan swadaya gotong royong. Pengembangan keswadayaan masyarakat dalam pembangunan haruslah diletakkan dalam kerangka pengembangan iklim yang mendorong tumbuh dan berkembangnya prakarsa dan swadya masyarakat. Sejalan dengan itu, maka prakarsa dan peran aktif masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan perlu didorong dan diakomodasikan dalam suatu lembaga kemasyarakatan yang tersedia.
2
 
Pemerintah kelurahan yang dipimpin oleh Lurah mempunyai tugas pelaksanaan kegiatan pemerintahan kelurahan, pemberdayaan masyarakat, pelayanan masyarakat, penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum dan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum. Pelaksanaan tugas lurah akan terlaksana secara optimal apabila diikuti dengan pemberian sumber-sumber keuangan yang besarnya disesuaikan dan diselaraskan dengan pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan tuntutan kebutuhan masyarakat kota. Untuk itu, penyelenggaraan pemerintahan di tingkat kelurahan dituntut untuk meningkatkan segenap aparat, sistem, kerja keras, disiplin dan profesional dalam melaksanakan tugasnya dengan selalu menerapkan prinsip-prinsip koordinasi, integrasi dan sinkronisasi.
Sejalan dengan visi Kecamatan Pontianak Kota yaitu “MELANGKAH MAJU BERSAMA MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN”, maka Kelurahan Sungai Bangkong mempunyai visi “TERDEPAN DALAM PELAYANAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN”. Dimana untuk mencapai visi tersebut telah disusun misi sebagai berikut :
1.     Meningkatkan kualitas Sumber Daya Aparatur Kelurahan;
Untuk menuju visi ‘terdepan dalam pelayanan’ dibutuhkan aparatur kelurahan yang aktif dan cerdas. Untuk mewujudkan aparatur yang berkualitas tersebut, dapat ditempuh dengan mengikuti kegiatan pendidikan dan latihan (Diklat) maupun melalui pembinaan secara berkesinambungan oleh pejabat kelurahan/Lurah. Pada akhirnya diharapkan profesionalisme aparatur dalam bidang tugas dan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat semakin baik;
2.     Meningkatkan sarana dan prasarana kelurahan;
Meningkatkan sarana dan prasarana kelurahan, dititikberatkan pada perbaikan lingkungan kelurahan, sarana kebersihan, pengadaan sarana komputer untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Hal ini dimaksudkan ke depan untuk mencapai visi diatas.
3.     Mengadakan sosialisasi kepada masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan;
Memberikan sosialisasi kepada mddasyarakat dapat dilakukan lewat jalur resmi ataupun tidak resmi, seperti pada saat menghadiri peremajaan RT/RW, kerja bakti, menghadiri kegiatan keagamaan, dan lain-lain.
3
 
 


B. RIWAYAT SINGKAT KELURAHAN SUNGAI BANGKONG

Kelurahan Sungai Bangkong yang merupakan salah satu organisasi pemerintahan terendah, pada dasarnya telah ada jauh sebelumnya. Bahkan pada jaman penjajahan Tahun 1942, dimana pada saat itu Sungai Bangkong disebut Sungai Bakong masih merupakan hutan belukar yang sangat ditakuti, apalagi dikaitkan dengan nama Pontianak yang banyak orang mengasosiasikan sebagai kota kuntilanak atau kota hantu.
Menurut sejarahnya, pada tahun 1942 wilayah Kampung Sungai Bangkong hanya terdapat 17 Kepala Keluarga, sedangkan sebagai Kepala Kampung adalah Daeng A.Kadir dan sebelumnya atau menjelang meninggalnya A.Daeng Kadir digantikan oleh Haji Ali Bin H.Abdullah karena Haji Ali terlibat/menentang Pemerintah Penjajah pada waktu itu, maka H.Ali diamankan dan selanjutnya digantikan dengan Kepala Kampung yang baru yaitu Mupang Bin Anggal. Pada saat Pemerintahan Jepang, Mupang Bin Anggal digantikan oleh Daeng Mohamad Bibong.
Setelah Daeng Mohamad Bibong diangkat sebagai Kepala Kampung, mulailah diadakan rintisan-rintisan jalan setapak yang pada saat ini jalan setapak tersebut merupakan jalan yang membujur dari rumah sakit jiwa sampai ke sumur bor yang merupakan tempat penampungan/kolam air yang sekarang ditempati oleh Kantor Camat Pontianak Kota.
4
 
Sejalan dengan keluarnya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1979 tentang Pemerintahan Desa dimana dalam Pasal 22 ayat (1) menyebutkan bahwa “Dalam Ibu kota Negara, Ibu kota Propinsi, Ibu kota Kabupaten, Kotamadya, Kota administratif dan Kota-kota lain yang akan ditentukan lebih lanjut dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri, dapat dibentuk Kelurahan sebagaimana dimaksud dalam pasal 1 huruf b”,  maka pada Tahun 1981 Desa Sungai Bangkong berubah menjadi Kelurahan Sungai Bangkong  dan Kepala Desa pun diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil TMT. 1 Januari 1981.
Setelah H.Daeng Mohamad Bibong memasuki masa pensiun TMT. 12 Pebruari 1985 sampai dengan sekarang telah terjadi beberapa kali pergantian lurah sebagai berikut :
1. Arsyad H.Ishak                                 Tahun 1985 s/d Tahun 1986
2. T.Amrih Tirtoyoso                            Tahun 1986 s/d Tahun 1989
3. Imran, BA                                         Tahun 1989 s/d Tahun 1990
4. M.Ali AS                                          Tahun 1990 s/d Tahun 1991
5. Herudana Santoso                            Tahun 1991 s/d Tahun 1992
6. Drs. Muchdi Alfarisyi                       Tahun 1992 s/d Tahun 1995
7. Darmawan Hariyanto, BA                  Tahun 1995 s/d Tahun 2000
8. Alamsyahrum MY, BA                       Tahun 2000 s/d Tahun 2002
9. Sumarseno, S.Sos                             Tahun 2002 s/d sekarang
Seiring perjalanan waktu terjadi perubahan yang mendasar tiap daerah bersemangat menyuarakan otonomi daerah, dimana dengan semangat otonomi daerah tersebut Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, yang kemudian disempurnakan lagi dengan keluarnya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Sehingga untuk organisasi kelurahan sebagaimana dalam Pasal 18 ayat (5) Peraturan pemerintah Nomor 8 Tahun 2003 tentang Pedoman Organisasi Perangkat Daerah, disebutkan bahwa Kelurahan terdiri dari Lurah, Sekretaris kelurahan dan sebanyak-banyaknya 4 (empat) Seksi. Sebagai pelaksanaan dari Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2003, Menteri Dalam Negeri telah mengeluarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 159 Tahun 2004 tentang Pedoman Organisasi Kelurahan. Kemudian sebagai petunjuk pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Pasal 127 ayat (1) dikeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2005 tentang Pemerintahan Kelurahan.
Karena adanya pemekaran wilayah Kecamatan Kelurahan Sungai Bangkong yang semula termasuk dalam Kecamatan Pontianak Barat, berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 5 tahun 2002 tentang Pembentukan Kecamatan Pontianak Kota dan Kelurahan Sungai Jawi, masuk ke dalam wilayah Kecamatan Pontianak Kota dengan sedikit mengalami perubahan batas wilayah.
5
 
 

C. LETAK DAN LUAS WILAYAH


Kelurahan Sungai Bangkong Kecamatan Pontianak Kota merupakan salah satu kelurahan yang berada di pusat Ibukota Propinsi Kalimantan Barat terletak pada ketinggian 0,80 s/d 2,00 M dari permukaan laut dan merupakan daerah dataran rendah dengan curah hujan 1.500 s/d 2.000 mm/tahun dengan suhu rata-rata 24ºC s/d 34ºC.
Batas-batas wilayah :
Ø  Sebelah Utara berbatasan dengan Kelurahan Sungai Jawi
Ø  Sebelah Selatan berbatasan dengan Kelurahan Parit Tokaya
Ø  Sebelah Timur berbatasan dengan Kelurahan Darat Sekip dan Kelurahan Tengah
Ø  Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Pal Sembilan Kabupaten Pontianak
Kelurahan Sungai Bangkong memiliki orbitasi (jarak dari Pusat Pemerintah Kelurahan):
Ø  Jarak dari Pusat Pemerintahan Kecamatan 1 Km
Ø  Jarak dari Ibukota Kota  2 Km






6
 
KEADAAN WILAYAH
Tabel 1
PENGGUNAAN/PERUNTUKAN LAHAN
KELURAHAN SUNGAI BANGKONG TAHUN 2005
No
Peruntukan
Luas
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Pemukiman
Kuburan
Pekarangan
Taman
Perkantoran
Prasarana umum lainnya
  5,735 Km²
0,65 Km²
1,40 Km²
0,20 Km²
1,70 Km²
0,70 Km²
Sumber : Kel.Sei.Bangkong 2005
Sehingga Total Luas Wilayah 6,2 Km²

PEMBAGIAN WILAYAH ADMINISTRASI
Pemerintah wilayah Kelurahan Sungai Bangkong dengan luas wilayah 62,00 KM², terbagi dalam 182 RT dan 40 RW.











7
 


DATA PEGAWAI KELURAHAN
 











Sumarseno, S.Sos
NIP.010125307
Penata / III/c
1 April 2002
Jabatan Lurah
Pendidikan S.1

Dra. Dwi Suryanti
NIP.520011901
Penata Muda / III/a
1 Oktober 2003
Jabatan Sekretaris
Pendidikan S.1

Jubaidah
NIP.050043114
Pen.Muda Tk.I / III/b
1  Oktober 2001
Jabatan PPK
Pendidikan SLTA

Debbie Savira I, A.Md
NIP.520014083
Pengatur / II/c
1 Januari 2002
Jabatan Pengadministrasi Umum
Pendidikan D.III

Turatisah
NIP.520008966
Penata / III/c
1 Oktober 2005
Jabatan Kasi Pemerintahan
Pendidikan SLTA



8
 
Margaretha, SSTP
NIP.010267321
Penata Muda / III/a
1 Oktober 2005
Jabatan Staf Sie Pemerintahan
Pendidikan STPDN
Ruli Sudira, SE
NIP.380057337
Penata / III/c
1 Oktober 2002
Jabatan Kasi Ekon.& Bang.
Pendidikan S.1
Drs. Ahmad AR.
NIP.520008969
Penata / III/c
1 April 2001
Jabatan Staf Sie Ekon.& Bang
Pendidikan S.1

Haryati
NIP.520007581
Penata / III/c
1 April 2005
Jabatan Kasi Kes.Sosial
Pendidikan SLTA

Suhartini
NIP.520009252
Pen.Muda Tk.I / III/b
1 Oktober 2003
Jabatan Staf Kasi Kes.Sosial
Pendidikan SLTA
Damiri
NIP.520010086
Pen.Muda Tk.I / III/b
1 Oktober 2002
Jabatan Kasi Trantib
Pendidikan SLTA


Herry Santoso
Pendidikan SLTA
Honorer

Selain Aparat Kelurahan tersebut diatas terdapat Aparat Dinas sektoral dan dari instansi vertikal diantaranya dapat terlihat dalam tabel berikut ini:




9
 
NAMA PETUGAS INSTANSI VERTIKAL YANG ADA
DI KELURAHAN SUNGAI BANGKONG TAHUN 2005

1.  Babinkantibmas                                Rasni
2. Babinsa                                             Sofian Suri
3. PLKB                                                 1. Dra. Sri Indarti
2. Rakhmad
3. Siti Hadijah Tallo
4. Suminah













10
 
Tabel 2
DAFTAR INVENTARIS BARANG
KELURAHAN SUNGAI BANGKONG TAHUN 2005

No
Nama inventaris
Merk/
bahan
Jumlah
Sumber dana/Asal usul
Tahun Pembelian
Kondisi
1
2
3
4
5
6
7
1.
2.
3.

4.
5.
6.

7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.

20
21.
Tanah
Bangunan kantor
Kendaraan roda 2
(KB 2609 AQ)
Meja tulis
Meja tulis
Meja tulis

Meja panjang
Meja komputer
Meja Besi/Dis
Kursi biasa
Meja + kursi tamu
Kursi Putar
Kursi kayu lipat
Kursi Kayu
Kursi Panjang
Lemari
Lemari Besi
Rak
Mesin Tik

Komputer
Kipas angin
-
Beton
-

Kayu
Kayu
Kayu

Kayu
Kayu
Besi
Besi

Besi
Kayu
Kayu
Kayu
Kayu
Besi
Kayu
Besi

Besi
Plastik
2.945 m²
163 m²
1

3
5
13

1
1
1
3
1
3
4
4
1
2
1
1
4

1
3
Tanah Negara
Tanah Negara
Pemkot

Pemkot
Pemkot
Pemkot

Pemkot
Pemkot
Pemkot
Pemkot
Pemkot
Pemkot
Pemkot
Pemkot
Pemkot
Pemkot
Pemkot
Pemkot
Pemkot

Pemkot
Pemkot
1985
2003
1993

2005
2002


1998
2003
2003
2005

2002
2002


1996
2005
1993


2003
2000
Baik
Baik
Baik

Baik
Baik
B = 7
KB = 6
Baik
Baik
Baik
Baik
KB
Baik
Baik
Baik
Baik
KB
Baik
KB
B = 3
KB = 1
Baik
Baik






11
 
 



1
2
3
4
5
6
7
22
23
24
25

26
27
28
29

30
31
32
33


Jam dinding
Peta
Wireless
Telpon

Keranjang sampah
Dispenser
Gambar Gubernur
Papan Jadwal kegiatan
Papan Visi & Misi
Papan Pengumuman
Struktur Pegawai
Papan Data Pegawai



Kertas Besi
Plastik
Sahitel
Plastik
Nassional
Kertas

Kayu
Kayu
Kayu
Kayu
Kayu


3
1
1
1

2
1
2

1
1
2
1
1


Pemkot
Pemkot
Pemkot
Pemkot

Pemkot
Pemkot
Pemkot

Pemkot
Pemkot
Pemkot
Pemkot
Pemkot




2005
2005
2005


2003
2005





2005


KB
Baik
Baik
Baik

Baik
Baik
Baik

Baik
Baik
Baik
Baik
Baik


Sumber : Sekretariat, 2005



12
 
 






PENYELENGGARAAN URUSAN ADMINISTRASI


Kelurahan Sungai Bangkong dalam rangka pencatatan data dan informasi penyelenggaraan Pemerintahan melalui buku-buku administrasi adalah sebagai berikut:

Buku Keputusan Kepala Kelurahan                     Buku Induk Penduduk
Buku Kekayaan/Buku Inventaris                        Buku Penduduk Sementara
Buku Agenda Surat Masuk dan Surat Keluar     Buku Perubahan Penduduk
Buku Agenda                                                    Buku Perkembangan Penduduk
Buku Ekspedisi                                                  Buku Kartu Keluarga
Buku aparat Pemerintah Kelurahan                   Buku KTP/Register KTP
Buku Tanah/Register Keterangan Tanah           Buku Administrasi Keuangan
Buku Kegiatan Lurah                                         Buku Kas Umum
Buku Rapat Kelurahan                                       Buku Kas Pembantu
Buku Tamu                               

13
 
 


D. KEDUDUKAN, TUGAS DAN FUNGSI

SUSUNAN ORGANISASI
PEMERINTAH KELURAHAN SUNGAI BANGKONG TAHUN 2005
PERDA Nomor 6 Tahun 2001
 
















Berdasarkan Peraturan Walikota Pontianak Nomor 51 Tahun 2005 tentang Uraian Tugas Jabatan Pada Pemerintah Kelurahan Kota Pontianak, dimana disebutkan susunan organisasi Kelurahan terdiri dari Lurah, Sekretaris, Seksi Pemerintahan, Seksi Ketentraman dan Ketertiban, Seksi Ekonomi dan Pembangunan, Seksi Kesejahteraan Sosial dan Kelompok Jabatan Fungsional.

Kedudukan
1.   
14
 
Kelurahan adalah wilayah kerja Lurah sebagai Perangkat Daerah Kota di bawah Kecamatan;
2.   Kelurahan dipimpin oleh Lurah yang dibawah dan bertanggung jawab kepada Camat;

Tugas
Lurah mempunyai tugas melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh camat dalam penyelenggaraan pemerintahan kelurahan sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Fungsi
1.    Pelaksanaan kegiatan pemerintahan kelurahan;
2.   Pemberdayaan masyarakat;
3.   Pelayanan masyarakat;
4.   Penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
5.   Pemeliharaan prasarana dan fasilitasi pelayanan umum.

Uraian Jabatan
Ø  Lurah mempunyai tugas memimpin, mengelola dan mengendalikan, melaporkan serta mempertanggungjawabkan kepada Walikota Pontianak keseluruhan tugas pokok kelurahan dan pelaksanaan pelimpahan urusan otonomi daerah kepada Walikota;
Ø  Sekretaris Kelurahan mempunyai tugas pokok membantu Lurah dalam melaksanakan tugas pokoknya, mengkoordinasikan pelaksanaan dan penyelesaian tugas seksi-seksi, menghimpun, menyusun dan menyampaikan laporan, mengelola dan memfasilitasi proses pemenuhan kebutuhan prasarana dan sarana kerja, administrasi dan keuangan kepada seluruh perangkat, unit kerja dan aparatur kelurahan;
Ø  Seksi Pemerintahan mempunyai tugas pokok membantu Lurah dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis, strategi dan langkah-langkah operasional, membantu pelaksanaan evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan urusan pemerintahan yang dilaksanakan Pemerintah Kelurahan, pembinaan ideologi, politik, pembinaan perlindungan masyarakat dan kesatuan bangsa, memfasilitasi dan menggalang dukungan RT dan RW dalam penyelenggaraan pemerintahan kelurahan, registrasi kependudukan dan pertanahan;
Ø 
15
 
Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum mempunyai tugas pokok membantu Lurah dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan operasional, pelaksanaan evaluasi dan laporan, urusan ketentraman  dan ketertiban umum ynag meliputi bidang tindak pidana ringan, vpenyelesaian konflik horizontal di masyarakat, perampasan hak dan kebebasan warga kelurahan, pelanggaran dan penegakan peraturan daerah dan peraturan lainnya, penanganan gangguan ketentraman dan ketertiban masyarakat lainnya;
Ø  Seksi Ekonomi dan Pembangunan mempunyai tugas pokok membantu Lurah dalam menyiapkan bahan, perumusan kebijakan teknis dan operasional, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan di bidang ekonomi dan pembangunan;
Ø  Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas pokok membantu Lurah dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan operasional, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan penanganan kesejahteraan sosial di kelurahan yang meliputi bidang kesehatan, pendidikan, peranan wanita, generasi muda, penanganan Lansia, pemuda dan olahraga, masalah sosial dan penyakit masyarakat, kegiatan keagamaan, seni dan budaya, serta bidang kesejahteraan lainnya.















16
 


BIDANG PEMERINTAHAN
 






`


Jumlah penduduk Kelurahan Sungai Bangkong sampai dengan Bulan Desember 2005 tercatat 52419 jiwa, 12434 Kepala Keluarga dengan kepadatan penduduk 8454 jiwa/km².

Rounded Rectangle: Keadaan Penduduk Menurut Jenis Kelamin 



No
Jenis Kelamin
Jumlah
Laki-laki
Perempuan
1.
27.276
25.143
52.419
Sumber : Sie.Pemerintahan, 2005

Rounded Rectangle: Keadaan Penduduk Menurut Kewarganegaraan 



No
WNI
WNA

L
P
L+P
L
P
L+P
1.
27.276
25.143
52.419
0
0
0
Sumber : Sie.Pemerintahan, 2005







17
 


Rounded Rectangle: Keadaan Penduduk Dalam Kartu Keluarga
 





                                                                      
Wajib KK
Memiliki KK
Belum Ada KK
L
P
L+P
L
P
L+P
L
P
L+P
8.811
3.623
12.434
8.754
3.576
12.320
57
47
104
Sumber : Sie.Pemerintahan, 2005




Rounded Rectangle: Perpindahan Penduduk
 



Antar RT/RW
Antar
 Kelurahan
Antar
Kecamatan
Antar
Kabupaten
Antar
 Propinsi
-
20
50
78
37
Sumber : Sie.Pemerintahan, 2005




Rounded Rectangle: Mobilitas Penduduk
 


                                                      
Lahir
Mati
Datang
Pindah
L
P
L+P
L
P
L+P
L
P
L+P
L
P
L+P
29
28
57
9
7
16
115
96
211
76
62
138
Sumber : Sie.Pemerintahan, 2005

18
 
 



Right Arrow Callout: Keadaan Penduduk
Menurut Umur
No
Kelompok Umur
Jumlah

1.
Kelomp.Pend.
0-4

2540
2.
5-9
4233
3.
10-14
3426

Kelompok
Tenaga kerja

4.
15-19
6606
5.
20-24
2408
6.
25-29
4930
7.
30-34
11803
8.
35-39
5189
9.
40-44
1460
10.
45-49
1432
11.
50-54
1407
12.
>55
6985
Sumber : Sie.Pemerintahan, 2005
                                              

Right Arrow Callout: Keadaan Penduduk
Menurut 
Suku Bangsa
No
Suku Bangsa
Jumlah (Jiwa)
1.
Dayak
4210
2.
Melayu
22902
3.
Bugis
4013
4.
Madura
2841
5.
Jawa
14523
6.
Thionghoa
3487
7.
Lain-lain
443
Sumber : Sie.Pemerintahan, 2005

19
 
                                                

Right Arrow Callout: Keadaan Penduduk
Menurut Agama
No
Agama
Jumlah (Jiwa)
1.
Islam
41749
2.
Kristen Protestan
2613
3.
Katholik
4486
4.
Hindu
84
5.
Budha
3208
6.
Khonghucu
279
                          Sumber : Sie.Pemerintahan, 2005


Right Arrow Callout: Keadaan Penduduk
Menurut 
Mata
Pencaharian
 
No
Mata Pencaharian
Jumlah (Jiwa)
1.
Buruh/Swasta
5735
2.
Pegawai Negeri
2542
3.
Pengrajin
216
4.
Pedagang
3751
5.
Penjahit
42
6.
Tukang batu
56
7.
Tukang kayu
34
8.
Peternak
46
9.
Montir
192
10.
Dokter
15
11.
Sopir
4099
12.
Tukang becak
42
13.
TNI/POLRI
2016
14.
Pengusaha
984
15.
Lain-lain
6960
                                         Sumber : Sie.Pemerintahan, 2005








20
 


Right Arrow Callout: Keadaan Penduduk
Menurut 
Tingkat
Pendidikan
 
No
Tingkat Pendidikan
Jumlah (Jiwa)
1.
Belum sekolah
2.998
2.
7-45 Th. Tidak pernah sekolah
21
3.
Pernah SD tapi tidak tamat
186
4.
Tamat SD/Sederajat
11.764
5.
Tamat SLTP/Sederajat
16.522
6.
Tamat SLTA/Sederajat
18.941
7.
D-1
403
8.
D-2
116
9.
D-3
175
10.
S-1
1.123
11.
S-2
159
12.
S-3
11
Sumber : Sie.Pemerintahan, 2005









21
 


Down Arrow Callout: DATA PENDUDUK BERPRESTASI
 




NO
NAMA
L/P
KEJUARAAN
HASIL PRESTASI
1.
Eric Febrian
L
POPNAS 2003
PON 2004
RANGKING 6
RANGKING 7
2.
Stevanus Ajat
L
POPNAS MAKASAR 2003
PPLP 2003
PPLP 2004
KEJURNAS JUNIOR 2004
ASEAN SCHOOL 2004
POPNAS MEDAN 2005
PERAK
EMAS
EMAS
EMAS
PERAK
EMAS
3.
Feni Veranica
P
PPLP 2004
POPNAS MEDAN 2005
KEJURNAS JUNIOR 2005
PPLP
KEJURNAS JUNIOR
RANGKING 7
RANGKING 4
EMAS
PERAK
PERAK
Sumber  : Diknas Kota Ptk, 2005








22
 


KESEJAHTERAAN SOSIAL



DATA RUMAH IBADAH
 








No
Sarana Ibadah
Jumlah
1.
2.
3.
4.
Masjid
Surau/Mushola
Gereja
Vihara
28
33
2
1

Jumlah
64
KEGIATAN KEAGAMAAN
Sumber : Sie Kes.Sosial, 2005


No
Kelompok Keagamaan
Jumlah
1.
2.
3.
Majelis Taklim
Remaja Mesjid
Remaja Gereja
28
20
1

Jumlah
49
PENDIDIKAN
Sumber : Sie Kes.Sosial, 2005


No
Jenis Pendidikan
Jumlah
1.
2.
3.
4.
5.
6.

Play Group
Taman Kanak-Kanak
SD/MI  Negeri/Swasta
SLTP/MTs  Negeri/Swasta
SMU/SMK Swasta
Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA)
3
17
22
9
3
23
 
13

Jumlah
67
Sumber : Sie.Kes.Sosial, 2005

Pada Tahun 2005 dalam upaya Pemerintah untuk meningkatkan Gizi Anak Balita, melalui Penanggulangan Gizi Kurang telah disalurkan Bantuan Program Makanan Tambahan, dengan perincian bantuan dana masing-masing dapat dilihat pada tabel berikut :

PENYELENGGARAAN PMT BALITA TAHUN 2005
No
Nama Puskesmas
Jumlah Balita
Pengadaan Makanan
1.
2.
Pusk. Alianyang
Pusk. Karya Mulia
5 orang
20 orang
492.000
1.967.000
Sumber : Puskesmas Alianyang & Karya Mulia, 2005

KEADAAN SARANA DAN TENAGA KESEHATAN
DI KELURAHAN SUNGAI BANGKONG TAHUN 2005

No
Sarana dan Tenaga Kesehatan
Jumlah

1.
2.
3.
4.
5.
6.



7.
Rumah Bersalin/BKIA
Puskesmas
Puskesmas Pembantu
Poliklinik/Balai Pengobatan
Apotik/Depot obat
Praktek Dokter :
- Dokter Umum
- Dokter Gigi
- Dokter Jiwa/Psikiater
Bidan
4
2
1
4
1

3
3
1
5

8.
9.
10.
Dukun/Khitan sunatan
Dukun Bayi
Sinshe/Tabib
24
 
1
5
5

Jumlah
35





Sumber : Sie.Kes.Sosial, 2005

Dalam upaya menanggulangi kesehatan masyarakat khususnya warga KS-1 di kelurahan Sungai Bangkong melalui Program Askes telah disalurkan Kartu Miskin sebanyak 1.656 jiwa terdiri dari wilayah binaan Puskesmas Alianyang dan Puskesmas Karya Mulia.

DATA INSTITUSI MASYARAKAT DAN
INSTITUSI KELUARGA SEJAHTERA

No
Institusi Masy & Keluarga Sejahtera
Jumlah
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
PPKBD
Sub PPKBD
Kel.Akseptor KB
Kelompok BKB
Kelompok UPPKS
Posyandu
Takukesra
1
40
115
1
10
17
50

Jumlah
243
Sumber : PLKB Kel.Sei.Bangkong, 2005



KESEJAHTERAAN PENDUDUK
 



Pra KS
E
KS I
BAE
JLH
KS II
KS III
KS III+
JLH
-
607
953
1560
4183
5974
825
12542
Sumber : PLKB Kel.Sei.Bangkong, 2005
25
 
KB AKTIF 



No
Kontrasepsi
Realisasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
IUD
MOW
MOP
IMP
Suntik
Pil
Kondom
742
99
5
5
1338
1062
9

Jumlah
3260
Sumber  : PLKB Kel.Sei.Bangkong, 2005

Sarana olahraga, kesenian dan budaya di kelurahan Sungai Bangkong dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

No
Sarana
Jumlah
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Lapangan Sepakbola
Lapangan Basket
Lapangan Volly
Lapangan Bulu Tangkis
Lapangan Tenis Meja
Lapangan Tenis
Lapangan Atletik
Fitness Center
Bilyard
Futsal
3
2
15
8
4
7
26
 
1
2
2
2

Jumlah
46
Sumber : Sie.Kes.Sosial, 2005

Panti Asuhan yang berada di wilayah kelurahan Sungai Bangkong ada 3 (tiga) dan Pondok Pesantren ada 4 (empat).
Sedangkan perkumpulan olahraga, kesenian budaya yang ada di kelurahan Sungai Bangkong dapat dilihat pada tabel berikut ini :

No
Sarana
Jumlah
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
Perkumpulan Sepakbola
Perkumpulan Volly Ball
Perkumpulan Bulu Tangkis
Perkumpulan Fitness
Kesenian daerah
Band
Qasidah
5
4
4
2
2
10
2

Jumlah
29
Sumber : Sie.Kes.Sosial, 2005


DATA MASJID
 



No
Nama Mesjid
Alamat
Ketua
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.
25.
26.
27.
28.
Al Fajar
An Ni’mah
Hidayatus S.
At Taqwa
Nursalim
Nurul Hidayah
Az Zakirin
Al Muwafaqah
Al Hadi
Baitul Iman
Darul Falah
Sadar
Jariah
Syuhada
Al Ilham
Al Hikmah
Al Furqan
Ash Sholihin
Istiqlal
Al Kauthsar
As Sirath
Al Muchlisin
Al Assraf
Al Ikhlas
Khoirul Ihsan
Al Mumtaz
Sabilul Mukmin
Aulia Walisongo
G.Ambo’tin
Jl.Karimun
Asr.P.Hidayat
Asr.H.Pranoto
Jl.Gusti Hamzah
Jl.K.H.A.Dahlan
Jl.P.Natakusuma
Jl.Dr.Wahidin S
Jl.D.Sentarum
G.Karya
Jl.Prof.M.Yamin
G.Sadar
G.Rawasari
G.H.Nawawi
G.Ilham
Jl.St.A.Rahman
Jl.S.Syahrir
Jl.Uray Bawadi
Jl.Pak Benceng
G.Mufakat
Jl.H.M.Suwignyo
Jl.H.M.Suwignyo
Jl.Ampera
G.Sukamulya dlm
Jl.P.Candramidi
G.Kencana
G.Aren
Ponpes Walisongo
Taipun
H.Djamaludin
Sunardi


H.M.Assahab
27
 
H.Alam Huda
H.M.Yusuf Usman
H.Suparmin Urip
Drs.H.Ibrahim Usman
Asyari Zainuddin,S.Ag
Drs.A.Afan
H.Rahim Djafar
H.Siali
Kartun

Shodikin

Razali AR
H.Zulkifli

Sumarno
Asmidin Kamil
Suroto


Sumber : Sie.Kes.Sosial, 2005















28
 


DATA SURAU/MUSHOLLA
 



No
Nama Surau/Musholla
Alamat
Ketua
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.
25.
26.
27.
28.
29.
30.
31.
32.
33.

Baitul Ikhwan
Nurul Hikmah
Al Muhajirin
Al Mujahid
Al Kausthar
Al Qayyim
As Shodikin
Al Hayriyah
Baitussholihin
Al Ilham
Al Rahman
Al Hidayah
Hidayatul Muslimin
Nurul Jannah
Al Baiyinah
Baitul Makmur
Nurul Iman
Darul Faizin
Babul Chair
Nurul Muslimin
Ar Rahman
Nurul Hikmah
Darussaadah
Hidayatullah
Attawabin
As Assad
Al Muhlisin
Al Mutaqim
Al Hidayah
Sirajul Umum
Asy Sifa
Raudatul Jannah
Babul Jannah
G. Siliwangi
Komp.Batara IV
Komp.Bali Asri
Jl.Putri Candramidi
G. Ruper I
G.Jambi
G.Jambi I
G.Sumurbor
G.Sukarela I
G. Kurnia
G. Kurnia Dalam
Jl.St.A.Rahman
Jl.Alianyang
G. Sukamulya
G.Cimahi
G. Wa’Dalek
Jl. Uray Bawadi
G. Tani 3
G. Melati
G. Karya II b
G. Bahagia
G. Karang Anyar
G. Pawan Jaya
G. Sudihati
G. Wa’Dalek
G. Suwignyo I
Komp.Ari Karya
Komp.Sent.Sjh
G. Pak Benceng
G.Pembangunan
G. Pancasila IV
G. Ekajaya
Jl.D. Sentarum
H.Ismail

Djumala Bhakti
Drs. Ishak Djalil
Drs.Buhanief P.
H.Lebar
Tjongtinah
H.Djuni Suher,S.Ag
Marzuki
Anwar Masduki
Soetikno


H.Anwar Aksir



H.Poniman Isa, SH
H.Rusno
H.Nurdin
H.Rasman
H.Ismail
H.Eddy Suharso
Saleh Aeng

H.Asmu’I

29
 
 
Drs. M.Nasir
H.Mahfud, BA


Sumber : Sie.Kes.Sosial, 2005



DATA GEREJA
 




No
Nama Gereja
Alamat
Ketua
1.

2.
Maria Ratu Pencinta Damai/Katholik
Protestan/Kristen

Jl.Gusti Hamzah

G. Karya

Sumber : Sie.Kes.Sosial, 2005


DATA VIHARA/KELENTENG
 



No
Nama Vihara/Kelenteng
Alamat
Ketua
1.

Maha Karuna Maitreya

G. Ruper II No.35

Sumber : Sie.Kes.Sosial, 2005










30
 


DATA INSTANSI/KANTOR
 



No
NAMA INSTANSI/KANTOR
ALAMAT
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
Dinas Pertanian Propinsi
Dinas Perikanan/Kelautan
Dinas Perindustrian & Perdag.Propinsi
Badan Informasi Daerah & Kearsipan
Dinas Kehutanan
Dinas Sosial
BKPMD
DLLAJ Propinsi
Dinas Pendidikan Propinsi
Departemen Agama Propinsi
Pelni
PTPN
Kantor Pos dan Giro
PT.Askes
BPN
Kantor Pelayanan Pajak
BPS Propinsi
Kantor Pos Pembantu
DPRD Kota Pontianak
Dinas Perhubungan Kota Pontianak

Jl. Alianyang
Jl. Sultan A.Rahman
Jl. Uray Bawadi
Jl. Sultan A.Rahman
Jl. Sultan A.Rahman
Jl. Sultan A.Rahman
Jl. Dr.Sutomo
Jl. Sultan A.Rahman
Jl. Sultan A.Rahman
Jl. Sultan A.Rahman
Jl. Sultan A.Rahman
Jl. Sultan A.Rahman
Jl. Sultan A.Rahman
Jl. Sultan A.Rahman
Jl. Sultan A.Rahman
Jl. Sultan A.Rahman
Jl. Sultan A.Rahman
Jl.  Dr.Sutomo
Jl. Sultan A.Rahman
Jl. Alianyang
Sumber : Monografi Kelurahan, 2005












31
 


DATA TK/PLAY GROUP
 




No
Taman Kanak-Kanak/Play Group
Alamat
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20
Playgroup My Home
Playgroup Kusuma
Playgroup Gemilang
TK. Tunas PGRI
TK. Al Ikhwah
TK. Bhayangkari  I
TK. Bhayangkari II
TK. Mekar Kartika
TK. YKIA IV
TK. Pertiwi Teladan
TK. Raudhatul Athfal
TK. Al Mukaddimah
TK. IKAL Dolog
TK. Raudhatul Athfal Mas’udi
TK. Andika
TK. Al Adaby
TK. Raudhatul Athfal
TK. Kesuma
TK. Al Tiflah
TK. Kusuma
G.Langgar H.Ali
G.Langgar H.Ali
Jl.D. Sentarum
Jl.D.Sentarum G.Samarukun
Jl. Alianyang
Jl.K.H.A.Dahlan
Jl.Alianyang
Jl.P.Natakesuma
Jl.KH.A.Dahlan
Jl.Prof.M.Yamin
Jl.Gusti Hamzah
G.Dandan Setia
G.H. Nawawi
G. Karya
Jl.D.Sentarum
Jl.Prof.M.Yamin
G.Langgar H.Ali
Jl. Ampera
G.Langgar H.Ali
Sumber : Diknas Kota Ptk, 2005












32
 


DATA SD/MI
 



No
SD/MI Negeri / Swasta
Alamat
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.

SD N. 2
SD N. 3
SD N.11
SD N. 16
SD N.17
SD N. 25
SD N. 35
SD N. 29
SD N. 34
SD N. 12
SD N. 70
SD N. 26
SD N. 65
SD N. 42
SD N. 63
SD N. 36
SD Mekar Kartika
SD Muhammadiyah
SDI Al Mumtaz
MIN Bawamai
MIS Al Ikhwah
MIS Bawamai

G. Aren
G. Cimahi
G. Sekolah
Jl. Gusti Hamzah
Jl.P. Candramidi
Jl.Prof.M.Yamin
Jl.Prof.M.Yamin
G.Sumurbor
Jl.Prof.M.Yamin
Jl. Alianyang
Jl. Ampera
G. Cimahi
G. Taman Siswa
Jl. Ampera
Jl. Prof.M.Yamin
G. Karya
Jl.Gusti Hamzah
G.Muhammadiyah
G. Rencana
G. Jeruk
G. Rukun
Jl.KH.A.Dahlan
Sumber : Diknas Kota Ptk, 2005










33
 


DATA SLTP/MTs
 



No
SLTP
Alamat
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
SMP N 9
SMP Rahadi Usman
SMP Muhammdiyah
SMP Al Ikhwah
SMP Walisongo
MTs  Negeri 1
MTs Negeri II
MTs Mathlaul Anwar
MTs Walisongo

Jl. P.Natakusuma
Jl. Alianyang
G.Muhammdiyah
G. Sama Rukun
Jl. Alianyang
Jl.Sultan A. Rahman
Jl. Alianyang
Jl.Pak benceng
Jl. Ampera
Sumber : Diknas Kota Ptk, 2005


DATA SMU/SMK 



No
SMU / SMK
Alamat
1.
2.
3.

SMU Rahadi Usman
SMK 1
SMK PGRI

Jl.  Alianyang
Jl.D.Sentarum
Jl. Alianyang
Sumber : Diknas Kota Ptk, 2005












34
 


T P A
 



No
Nama T P A
Alamat
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.

Al Hadi
Al Mumtaz
Al Ikhwah
Syuhada
Jariah
Al Muwafaqah
Az Dzakirin
At Taqwa
Hidayatus Shalihin
An Ni’mah
Ilham
Adabi
Al Mukaddimah

Jl.D.Sentarum
G. Kencana
G. Sama Rukun
Jl.H.Nawawi
G. Rawasari
Jl.Dr.Wahidin S.
Jl.P.Natakesuma
Asr.H.Pranoto
Asr.P.Hidayat
Jl. Karimun
G. Ilham
Jl. D.Sentarum
Jl. Gusti Hamzah

Sumber : Sie. Kes.Sosial, 2005





PERGURUAN TINGGI
 



No
Nama Perguruan Tinggi
Alamat
1.
2.

STKIP
STIE Budi Utomo

Jl. Ilham
Jl.Prof.M.Yamin
Sumber : Diknas Kota Ptk, 2005








35
 


DATA FASILITAS KESEHATAN
 



No
Nama 
Pimpinan
Alamat
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Rumah  Sakit Jiwa
Puskesmas Alianyang
Puskesmas Karya Mulya
Puskesmas Pembantu
Klinik Bersalin Anisyah
Klinik Bersalin Anggrek
Klinik Bersalin “Cahaya Ibu”
Klinik “SARI”
Klinik Muhammadiyah
Klinik Aisyiah
dr.Benny Arodji Sp.Kj
dr.Harry Agung
dr.Suswati Haniyah


dr. Tampubolon
Ny.Hj.Rohani P
dr.Lisa Musawaris

Hanidar, SE
Jl. Alianyang
Jl.Alianyang
Jl. Ampera
Jl. P.Natakusuma
Jl. Alianyang
Jl. P. Candramidi
Jl.KH.W. Hasyim
Jl.Prof.M.Yamin
Jl.KHW.hasyim
Jl.Karimata
Sumber : Sie.Kes.Sosial, 2005


DOKTER PRAKTEK
 



No
Nama Dokter
Alamat
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
dr. Dahlan Adi
drg.Popong Solihat
dr. Suhendra
drg. Rosa
drg. Melda Wardani
dr. Siswati
dr. Nina Agustina
Jl. Alianyang
Jl. Alianyang
Jl. Prof.M.Yamin
G. Sukarame
Jl. Wansagaf
Jl.P. Candramidi
Jl.Prof.M.Yamin
Sumber : Sie.Kes.Sosial, 2005







36
 


BIDAN PRAKTEK
 



No
Nama Bidan
Alamat
1.
2.
3.
4.
5.

Endang Widawati
Windarti
Ummu Chotimah
Maryani
Rubiah
G.Kurnia
Jl.Gusti Hamzah
Jl.P.Dara Hitam
Jl.Pancasila
Jl.Prof.M.Yamin
Sumber : Sie.Kes.Sosial, 2005




DUKUN BERANAK
 



No
Nama Dukun Beranak
Alamat
1.
2.
3.
4.
5.
Bunayah
Satirah
Sayunah
Halijah
Rosmiati

Jl. Ampera
G. Sukamulya
G. Sepakat 2
G. Kusuma
G. Kurnia
Sumber: Sie.Kes.Sosial, 2005














37
 


PANTI ASUHAN
 



No
Nama Panti Asuhan
Alamat
1.
2.
3.

Al Amin
Nurul Iman
Hidayatullah

Jl. D.Sentarum
Jl.Uray Bawadi
Jl. Ampera
Sumber : Sie.Kes.Sosial, 2005



PONDOK PESANTREN
 



No
Nama Panti Asuhan
Alamat
1.
2.
3.
4.

Walisongo
Mathlaul Anwar
Sirajul Ulum
Nurfaizin

Jl.Ampera
Jl.Pak Benceng
G. Pembangunan
Jl. Petani
Sumber : Sie.Kes.Sosial, 2005


DATA POSYANDU
 



No
Nama  Posyandu
Ketua
Alamat
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17
Anggrek
Gemilang
Buah Hati
Kencana Lestari
Karya Sentosa
Karya Lestari
Jeruk
Gemah Ripah
Kenanga Hijau
Panca Asih
Suka Mulya
Karya Kemuning
Tanjung
Karya Mulia
Karya Indah
Merpati
Wijaya Kusuma (Lansia)
Ny. Sutrisno
Ny. Sri Paini
Ny. Supariah
Ny. Siswoyo
Ny. Tumilasi
Ny.Hj.Ibrahim Usman
Ny. Sri Nini Ardiani
Ny.Nova Elywati
Ny. Zuraida
Ny. Ngatijo
Ny. Suroto
Ny. Dadju
Ny. Karjo
Ny. Marlian
Ny. Dinem
Ny. Soekarjo
Bp.Amri Kartiyoso
Jl.P.Candramidi
Jl.D.Sentarum
G. Jambi
G. Abdi
G. Sentosa
G. Karya
Asr. Honggo P.
G. Sambe
Jl. Alianyang
38
 
G. Rawasari
G. Suka Mulya
G. Karya
Asr.P.Hidayat
Jl. Ampera
Jl. Ampera
Jl. Slt.Syahrir
LPM Sei.Bangkong

Sumber  : Sie.Kes.Sosial, 2005

DATA SANGGAR SENI 



No
Nama Sanggar
Alamat
1.
2.

Kijang Berantai
Muda Manggala Khatulistiwa

G. Jeruk
G. Candi Agung
Sumber : Sie.Kes.Sosial, 2005


DATA MAJELIS TAKLIM
 



No
Nama Majelis Taklim
Alamat
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
Majelis Taklim At Taqwa
Majelis Taklim Nursalim
Majelis Taklim An Ni’mah
Majelis Taklim As Sirath
Majelis Taklim Az Zakirin
Majelis Taklim Al Hadi
Majelis Taklim Sunatul Awalin
Majelis Taklim Masyitah
Majelis Taklim Islamiyah

Jl. Gusti Hamzah

Jl.HM.Suwignyo


G. Rawasari
G.Langgar H.Ali
G. Jambi
Sumber : Sie.Kes.Sosial, 2005






39
 


DATA REMAJA MESJID
 




No
Nama Remaja Mesjid
Alamat
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
Remaja Mesjid AtTaqwa
Remaja Mesjid Hidayatusolihin
Remaja Mesjid Al Fajar
Remaja Mesjid An Ni’mah
Remaja Mesjid Nus Salim
Remaja Mesjid  Azzakirin
Remaja Mesjid Al Muwafaqah
Remaja Mesjid Baitul Iman
Remaja Mesjid Darul Fallah
Remaja Mesjid Jariah
Remaja Mesjid Syuhada
Remaja Mesjid Assholihin
Remaja Mesjid Istiqlal
Remaja Mesjid Al Kautsar
Remaja Mesjid As Sirath



Sumber : Sie.Kes.Sosial, 2005



















40
 


EKONOMI DAN PEMBANGUNAN



BIDANG PEREKONOMIAN
 







PRASARANA PERHUBUNGAN

No
JENIS SARANA
KM
1.
2.
3.

Jalan Dusun / Lingkungan
Jalan Ekonomi
Jalan Jembatan
68
18,6
0,47
Sumber : Sie.Ekon.Bang, 2005

SARANA / ALAT TRANSPORTASI

No
SARANA/ALAT TARANSPORTASI
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
Sepeda
Gerobak
Becak
Sepeda Motor
Oplet
Taksi
Mobil Dinas
Mobil Pribadi
Bus Kota
Bus Umum
Truk
1.126
-
42
9.876
37
11
43
539
-
5
51

Sumber : Sie.Ekon.Bang, 2005
41
 
 




PERDAGANGAN / JASA

No
Perdagangan / Jasa
Jumlah
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8
9
10.
11.
Toko
Warung
Mini Market
Bank
Travel / Biro Perjalanan
Bilyar
Industri
Bengkel
Percetakan
Pasar
Konveksi

138
119
18
-
-
1
58
64
4
4
22

Sumber : Sie.Ekon.Bang, 2005






42
 


PROGRAM BERAS RASKIN
 



Program beras raskin bagi keluarga Sejahtera I yang dilaksanakan di kelurahan Sungai Bangkong tahun 2005 adalah sebagai beriukut :


No
Jumlah KK Penerima
Jumlah Kg

1


419 KK

8.380
Sumber : Sie.Ekon.Bang, 2005

Kegiatan Raskin Tahun 2005 dilaksanakan selama 10 bulan dari bulan Februari sampai dengan bulan November 2005. Setiap Keluarga menerima beras sejumlah 20 kg perbulan.
Jumlah KK KS I alasan Ekonomi Yang menjadi sasaran penerima Raskin pada tahun 2004 sebanyak 537 KK dan pada tahun 2005 sebanyak 504 KK jadi terdapat penurunan sebanyak 33 KK atau sebesar 6,15 %.



PAJAK BUMI DAN BANGUNAN
 



No
Th. Anggaran
TARGET
REALISASI


1.
2



2004
2005
Jlh WP
Nilai ( Rp )
Jlh WP
Nilai (Rp)

11.037
11.155

470.855.465
507.007.232

5.743
6.724

255.503.126
337.746.992
Sumber : Sie.Ekon.Bang, 2005

43
 
Jumlah realisasi penerimaan PPB pada tahun 2005 mengalami kenaikan sebesar Rp. 82.243.886 atau sebesar 34,19%



KEBERSIHAN DAN LINGKUNGAN HIDUP

No
Keterangan
Jumlah
1
2
3
4

Kelompok Sadar Kebersihan
Jumlah Sarana Angkutan Sampah
Temapat Pembuangan sampah ( TPS )
Rumah Tangga Yg Memiliki Tempat Sampah
10
40
18
8.366

Sumber : Sie.Ekon.Bang, 2005

Untuk mendukung kegiatan Kebersihan Lingkungan ditunjang pula dengan   program Color Full dengan penanaman dan pembuatan Pot Bunga di Kelurahan Sungai Bangkong. Pot Bunga yang telah dibuat selama tahun 2005 berjumlah 43 buah.

KOPERASI 




No
Jenis Koperasi
Jumlah
1
2
3
4
5
6
7
8
9

Koperasi Pegawai Negeri ( KPN )
Koperasi Serba Usaha ( KSU )
Koperasi pasar
Koperasi ABRI
Koperasi Jasa Simapan Pinjam
Koperasi Pensiunan
Koperasi Wanita
Koperasi Pesantren ( Kopontren )
Koperasi karyawan ( Kopkar )
25
47
-
1
1
1
1
44
 
2
10

Sumber : Sie.Ekon.Bang, 2005





BIDANG PEMBANGUNAN



SWADAYA MASYARAKAT
 








No
Tahun Anggaran
Jlh Proyek
Jumlah ( Rp )

1
2


2004
2005

23
24

396.500.000
1.157.000.000

Sumber : Sie.Ekon.Bang, 2005

Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa pada tahun 2005 terjadi peningkatan jumlah swadaya masyarakat  sebesar Rp. 760.500.000,- atau sebesar 191,80 %.



BANTUAN STIMULAN (PPK)
 




No
Tahun Anggaran
Jlh Proyek
Jumlah ( Rp )

1


2005

15


125.000.000
Sumber : Sie.Ekon.Bang, 2005
45
 
 
Selain dana stimulan kegiatan pembangunan pada tahun 2005 berasal dari dana PKPS-BBM sebanyak 15 Proyek dengan dana sebesar                    Rp. 240.000.000,-























46
 


BIDANG KEAMANAN DAN KETERTIBAN
 






    Pos Polisi

Ø  Polsek                                       : 1 buah
Ø  Babinkantibmas                        : 1 buah
Ø  Babinsa                                    : 1 buah

    Kelembagaan Keamanan
Ø  Jumlah RT atau sebutan lain                            : 182
Ø  Jumlah RW/sebutan lain yang ada Siskamling  :   40
Ø  Jumlah Hansip                                                  : 272
Ø  Jumlah Pos Kamling                                          :   40







47
 
PERMASALAHAN KELURAHAN SUNGAI BANGKONG
TAHUN 2005

No
Permasalahan
Upaya Yang dilakukan
Solusi ke Depan
1
2
3
4


1.













2.











1.








2.










3.






4.






5.











1.






2.






















3.








1.















2.




3.








1.











2.






3.







BIDANG SEKRETARIAT & ADMINISTRASI
Jabatan Sekretaris yang lowong karena Pejabat Sekretaris yang lama Pensiun dipercepat (menjadi anggota DPRD Kab.Pontianak), sehingga untuk menjalankan tugas kesekretariatan dirangkap oleh Kasi Pemerintahan sebagai PLT Sekretaris.

Kurangnya personil/staf yang ada di Kelurahan sehingga terjadi tumpang
tindih.




BIDANG PEMERINTAHAN

Belum lengkapnya data mengenai tanah fasum/fasos milik Pemda sehingga dalam mengantisipasi jika terjadi penyerobotan belum
maksimal.

Perkembangan Penduduk yang begitu pesat mengakibatkan jumlah penduduk bertambah banyak  dan pada akhirnya jumlah penduduk dalam suatu RT juga bertambah sehingga perlu dimekarkan.

Banyaknya tanah yang belum bersertifikat.





Adanya sengketa tapal batas tanah.





Belum maksimalnya pelayanan kepada masyarakat







BIDANG PEMBANGUNAN
Pembangunan dan perbaikan gang yang belum tertangani




Belum semua SPPT PBB yang terbit dapat diserahkan kepada Wajib Pajak karena :
Ø  Nama dalam SPPT sudah tidak sesuai karena sudah dijual kpd pihak lain
Ø  Rumah belum ditempati (masih kosong)
Ø  Nama dalam SPPT tidak dialamat tersebut
Ø  Yang punya tanah/rumah tidak diketahui tempat tinggalnya
Ø  Adanya SPPT PBB yang ganda.

Kegiatan Kebersihan lingkungan




BIDANG KESEJAHTERAAN SOSIAL
Masih ada warga yang terkena DBD.














Masih ada warga kategori miskin yang belum mendapatkan BLT

Masih ada warga miskin yang belum mendapat Askeskin.



BIDANG KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN
Masih ada PKL (Pedagang Kaki Lima)










Masalah sosial/pelacuran terselubung & Narkoba



Masih ada tindak kriminal








Mengusulkan ke BKD Kota Pontianak untuk menunjuk Pejabat Sekretaris yang baru.










o    Mengusulkan ke BKD untuk penambahan staf.
o    Melimpahkan sebagian tugas administrasi kepada PLKB (sepanjang tidak mengganggu tugas pokoknya).



Berkoordinasi ke Bagian Perlengkapan mengenai tanah fasum/fasos yang ada di wilayah Kelurahan Sungai Bangkong.



Mengadakan pemekaran RT/RW








Kerjasama dengan BPN Kota Pontianak mengadakan program SMS (Sertifikat Massal Swadaya).

Menyelesaikan dengan masyarakat dan instansi terkait untuk menyelesaikan permasalahan tanah yang disengketakan.

o  Meningkatkan tugas dan fungsi RT/RW.
o  Memperkuat koordinasi antara RT/RW dan Aparat Kelurahan.
o  Pembagian tugas yang jelas kepada staf.



o   Diusulkan dalam Musrenbang tingkat Kelurahan dan Kecamatan
o   Diusulkan dalam Program PKPS BBM

Mengembalikan ke Dipenda/KP.PBB SPPT yang tidak dapat diserahkan



















Membuat jadwal dan menyurati ke RT/RW untuk menggiatkan kembali kegiatan kebersihan lingkungan




o    Berkoordinasi dengan Puskesmas Alianyang dan Puskesmas Karya Mulya, untuk mengadakan penyemprotan/fogging di wilayah yang ada kasus DBD
o    Memberikan abatisasi
o    Mengadakan kegiatan kebersihan lingkungan

Mengusulkan untuk dimasukkan dalam Pendataan susulan oleh BPS.

Melaksanakan pendataan dan pembinaan kepada warga masyarakat KS 1 dalam pemberian Kartu Sehat.



o   Memberikan penyuluhan kepada PKL
o   Memberikan Surat Peringatan (SP)
o   Berkoordinasi dengan instansi terkait dan instansi yang berwenang dalam pembongkaran PKL

o   Mengadakan razia Rumah Kost
o   Memberikan penyuluhan kepada penghuni rumah kost.

o   Melaksanakan Pos Kamling dilingkungan RT/RW
o   Mengadakan penyuluhan kepada masyarakat



Adanya pelantikan pejabat eselon IV untuk Kelurahan pada tanggal 26 oktober 2005.









Dimutasikannya beberapa staf ke Kelurahan Sungai Bangkong, sehingga tidak terjadi lagi tumpang tindih pekerjaan.


48
 
 
Hendaknya Bagian Perlengkapan/BPKKD memberi input data tanah fasum/fasos milik Pemda.




Perlunya pemutakhiran data penduduk agar didapatkan data yang akurat dan valid.





Meningkatkan kerjasama dengan BPN dalam penerbitan sertifikat/prona.

Perlu sosialisasi tentang pertanahan dan status hukumnya.
49
 
 




Pelayanan dapat lebih cepat, mudah dan transparan.









Meningkatkan pendataan dan evaluasi program-program yang belum tertangani.


50
 
Menyarankan kepada KP.PBB agar dalam menerbitkan SPPT PBB lebih mengakuratkan data dan tidak terjadi kesalahan baik nama maupun letak RT/RWnya.














46
 
Dengan digiatkannya kegiatan kebersihan lingkungan harapannya adalah untuk meraih Adipura.



Mengadakan antisipasi sedini mungkin untuk mencegah DBD dengan kegiatan 3M.
51
 
 







Pendataan warga miskin agar didapatkan data yang akurat dan valid.




















52
 
 
Peredaran narkoba dan pemakai dapat ditekan sekecil mungkin.



Terciptanya ketentraman & ketertiban di RT/RW sehingga masyarakat merasa aman.









STRUKTUR GERAKAN PKK
KELURAHAN SUNGAI BANGKONG KECAMATAN PONTIANAK KOTA
MASA BHAKTI 2005 - 2009

 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Judul Laporan Akhir (LA) Program Studi Administrasi Negara Politeknik Negeri Pontianak

DEMIK 2011/2012 NO NAMA MAHASISWA NIM JUDUL LAPORAN AKHIR 1 A.SYAIFUL AMRI 4200813013 PROSEDUR PENGURUSAN SURAT PERINTAH PENCAIRAN DANA (SP2D) DALAM MEMPERLANCAR KEGIATAN RUTINITAS PADA KANTOR DINAS PENDIDIKAN PROVINSI KALIMANTAN BARAT 2 AFRIZAL 4200813034 PENGENDALIAN PELAKSANAAN PENANAMAN MODAL PADA SUB BIDANG PENGENDALIAN BADAN PENANAMAN MODAL DAERAH (BPMD) PROVINSI KALIMANTAN BARAT 3 AGUSTINA SELVIAYANI 4200813016 PERANAN PIMPINAN DALAM MEMOTIVASI PEGAWAI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA DILINGKUNGAN BKD .PROV. KALBAR 4 ALFA SUKMA JULIANSYAH 4200813035 PROSEDUR PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN KARTU KELUARGA DI KANTOR KELURAHAN PARIT TOKAYA KEC. PTK SELATAN DITINJAU BERDASARKAN KEPMEN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA NOMOR 63 THN 2003 5 ANDHIKA ADINATA 4200813008 ANALISIS TUGAS SUB BAGIAN UMUM & KEPEGAWAIAN DALAM MENUNJ

Prodi D-IV Administrasi Negara Politeknik Negeri Pontianak

Assalamu'alaikum wr. wb. Waaahhh, gak terasa ya udah sekian lama aku vakum nulis yah wkwk, ini juga karena kesibukan harian biasa rutinitas calon orang sukses mah padat ya :D, alhamdulillah sekarang ada waktu buat nulis lagi, mumpung ada wantu dan ada ide yang lagi seger-segernya, yosh mari kita menuangkannya dalam bentuk tulisan, selamat menikmati dan may you really enjoy it! Program Studi Administrasi Negara Politeknik Negeri Pontianak Prodi D-IV Adm.Negara Program Studi Administrasi Negara dulunya sempat bernama Administrasi perkantoran, kemudian berganti Administrasi Ilmu Pemerintahan (AIP), dan sekarang bernama Administrasi Negara (AN). Visi : Pada tahun 2020 Program Studi Administrasi Negara Politeknik Negeri Pontianak menciptakan tenaga profesional dalam menangani pelayanan publik dengan jiwa dan kepribadian Good Governance Misi : Menyelenggarakan program pendidikan vokasional secara profesional dan modern pada bidang administrasi instansi pemerintahan